Kebijakan Pengembalian Dana dan Barang

  • KETENTUAN PENGEMBALIAN, PERUBAHAN DAN PEMBATALAN
    • Pengembalian dana kepada Pembeli hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
    • Kelebihan pembayaran dari Pembeli atas total harga Produk.
    • Merchant tidak dapat menyanggupi pesanan Pembeli karena kehabisan ketersediaan Produk maupun penyebab lainnya.
    • Produk tidak terkirim kepada Pembeli atas alasan apapun.
      Apabila nominal pengembalian dana di bawah Rp 100.000 (seratus ribu Rupiah), Pembeli sepakat bahwa pengembalian dana akan dikembalikan dalam bentuk top up saldo, tanpa ada kewajiban lainnya.
    • Semua pengembalian dana akan dilakukan melalui mekanisme pembayaran, di mana pengembalian dana akan dilakukan melalui transfer bank ke rekening bank perusahaan atau rekening pribadi Pembeli dengan syarat rincian rekening bank yang diberikan kepada MAUTRIP.ID telah lengkap dan akurat. Kegagalan atau keterlambatan penerimaan pengembalian dana yang disebabkan karena kesalahan pemberian data rekening maupun perbedaan bank Pembeli dengan bank rekening MAUTRIP.ID adalah tanggung jawab Pembeli secara pribadi.
    • Pengembalian dana akan dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku di MAUTRIP.ID sejak permohonan pengembalian dana diterima dan diberikan persetujuan berdasarkan verifikasi MAUTRIP.ID.
    • Pembeli memahami dan menyetujui bahwa MAUTRIP.ID memiliki hak dan kewenangan untuk melakukan perubahan mekanisme pengembalian dana tanpa kewajiban pemberitahuan sebelumnya.
    • Kecuali secara tegas dinyatakan lain dalam Syarat dan Ketentuan Umum ini atau ditentukan secara terpisah sesuai kebijakan Mitra Penyedia, semua pembelian Produk di MAUTRIP.ID tidak dapat diubah, dibatalkan, dikembalikan uang, ditukar atau dialihkan ke orang/pihak lain.
    • Dengan melakukan pemesanan atau pembelian Produk di MAUTRIP.ID, User dianggap telah memahami, menerima dan menyetujui kebijakan dan ketentuan pembatalan, serta segala syarat dan ketentuan tambahan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia. Harap dicatat bahwa tarif atau penawaran tertentu tidak memenuhi syarat untuk pembatalan atau pengubahan. User bertanggung jawab untuk memeriksa dan memahami sendiri kebijakan dan ketentuan pembatalan tersebut sebelumnya.
    • Tata cara pengajuan perubahan dan pembatalan atas pesanan (jika ada) diatur dalam Surat Konfirmasi maupun media lainnya yang dapat MAUTRIP.ID perbaharui dari waktu ke waktu.
    • Untuk setiap pembatalan pesanan yang User lakukan, MAUTRIP.ID akan melakukan pengembalian dana dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pengembalian dana dilakukan dengan jumlah dan waktu sesuai dengan kebijakan dan ketentuan pembatalan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia dan MAUTRIP.ID;
    • Jumlah dana yang dikembalikan kepada User tidak lebih besar dari jumlah nominal yang User bayarkan kepada MAUTRIP.ID, serta akan disesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan oleh masing-masing Mitra Penyedia dan MAUTRIP.ID;
    • Untuk transaksi yang pembayarannya menggunakan kartu kredit, maka pengembalian dana dilakukan melalui kartu kredit yang User gunakan pada saat transaksi;
    • Untuk transaksi yang pembayarannya bukan menggunakan kartu kredit, maka pengembalian dana dilakukan melalui transfer ke rekening dimana pemesanan top up dilakukan oleh User.
    • MAUTRIP.ID akan meneruskan setiap pembatalan pesanan yang User lakukan kepada Mitra Penyedia. Sehingga, MAUTRIP.ID memerlukan waktu untuk mendapatkan kembali pembayaran yang User lakukan sebelumnya yang telah MAUTRIP.ID teruskan kepada Mitra Penyedia. Untuk itu, User memaklumi setiap waktu yang MAUTRIP.ID butuhkan untuk mengembalikan dana tersebut kepada User.
    • User menyetujui bahwa MAUTRIP.ID hanya dapat memproses pengajuan pembatalan yang sesuai dengan syarat dan ketentuan pembatalan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia, Syarat dan Ketentuan Penggunaan MAUTRIP.ID, Syarat dan Ketentuan e-Refund serta syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku pada Website MAUTRIP.ID. Untuk itu, User membebaskan MAUTRIP.ID dalam hal terdapat kerugian yang User derita akibat dari pengajuan pembatalan yang User lakukan maupun kelalaian User dalam memenuhi ketentuan syarat dan ketentuan pembatalan yang diberlakukan oleh Mitra Penyedia, Syarat dan Ketentuan Penggunaan MAUTRIP.ID, Syarat dan Ketentuan e-Refund serta syarat dan ketentuan lainnya yang berlaku pada Website MAUTRIP.ID. Refund dapat berupa dana tunai, travel credit, voucher, point atau kombinasi dari semuanya.
    • Meskipun sangat kecil kemungkinan MAUTRIP.ID membatalkan atau mengubah pemesanan yang sudah MAUTRIP.ID konfirmasikan di dalam Surat Konfirmasi, namun jika diperlukan, MAUTRIP.ID akan memberitahu User secepat mungkin. Dalam hal pembatalan atau perubahan apapun terkait pesanan tersebut dilakukan atas dasar kebijakan/keputusan dari Mitra Penyedia, hal tersebut adalah di luar kendali MAUTRIP.ID. Oleh karena itu, maka tanggung jawab MAUTRIP.ID hanya sebatas pelaksanaan refund sesuai dengan arahan serta syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Mitra Penyedia dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    • Dalam hal Mitra Penyedia Produk mengalami keadaan dimana tidak bisa menyerahkan atau melaksanakan Produk, maka hak User tunduk pada syarat dan ketentuan Mitra Penyedia atau pihak yang ditunjuk untuk bertindak untuk dan atas nama Mitra Penyedia.
    • MAUTRIP.ID tidak bertanggung jawab ataupun menanggung kerugian User dalam hal MAUTRIP.ID tidak dapat menyerahkan Produk atau memberi Layanan kepada User, akibat dari hal-hal yang terjadi akibat keadaan memaksa atau yang di luar kekuasaan MAUTRIP.ID atau Mitra Penyedia MAUTRIP.ID untuk mengendalikan, seperti, tapi tidak terbatas pada: perang, kerusuhan, teroris, perselisihan industrial, tindakan pemerintah, epidemik, pandemik, bencana alam, kebakaran atau banjir, cuaca ekstrim, dan lain sebagainya.
    • Jika User tidak mendapatkan Produk sesuai dengan Surat Konfirmasi, maka MAUTRIP.ID akan merekomendasikan Produk yang sejenis dengan harga yang sejenis atau setara dengan Produk yang User beli, tanpa ada beban biaya tambahan, atau uang Anda kembali.
    • Dalam hal User melakukan pembayaran dengan kartu kredit, User menegaskan bahwa semua permintaan refund yang diajukan kepada MAUTRIP.ID adalah bentuk dari persetujuan yang tegas dari User untuk menolak/melepaskan/menghentikan permintaan yang diajukan kepada bank penerbit kartu kredit atas transaksi yang sama. MAUTRIP.ID memiliki hak untuk membatalkan permintaan refund yang telah dikabulkan oleh MAUTRIP.ID atau voucher yang telah diberikan MAUTRIP.ID dalam hal ada pengembalian ganda.
    • Dalam hal User meminta adanya perubahan atau pembatalan pada transaksi, User setuju bahwa MAUTRIP.ID dapat menyesuaikan atau membatalkan manfaat yang User dapat dari transaksi tersebut.